Jogetan Prabowo Saat Debat Capres

Debat perdana capres-cawapres yang dilangsungkan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis malam, 17 Januari menyisakan sebuah cerita. Salah satunya momen ketika capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba-tiba berjoget.

Monica Kumalasari, pakar gestur dan mikro ekspresi yang mendapat lisensi dari Paul Ekman menilai, ulah capres nomor urut 02 yang tiba-tiba berjoget dalam debat Pilpres 2019 sebab tertekan dan tidak dapat menyalurkan emosinya.

“Prabowo tertekan sebab dia tidak dapat menyalurkan emosinya,” kata Monica untuk, Jumat (18/1/2019).

Dalam debat itu, Prabowo tampak kehilangan kesabaran ketika Joko Widodo atau Jokowi bertanya soal data dari Indonesia Corruption Watch (ICW) tentang mantan napi korupsi yang jadi calon legislatif dari Partai Gerindra.

Sebelum giliran bicara, Prabowo tak sabar hendak menjawab pertanyaan Jokowi. Namun, perkataan “tidak boleh” yang tegas dari Ira Koesno menciptakan seisi ruangan tertawa, dan secara spontan Prabowo berjoget.

Berdasarkan keterangan dari Monica, ada banyak ekspresi yang timbul saat Prabowo hendak bicara, namun tidak diperbolehkan oleh moderator Ira Koesno. Ekspresi tersebut, kata dia, laksana marah, tidak sabaran, binggung, dan pun malu.

“Jadi itu adalah emosi yang muncul dari dia [Prabowo] yakni emosi gabungan atau subtel expression. Yaitu emosi yang digabungkan dari sejumlah hal,” kata Monica.

Sementara itu, psikolog dan pakar personal branding Dewi Haroen menilai perbuatan Prabowo tersebut sebagai teknik keluar dari tekanan.

Dewi menjelaskan, teknik seseorang guna menetralisir diri dari emosi, lazimnya dengan teknik bergerak supaya energinya keluar, sehingga dapat terlepas dari tekanan.

“Mungkin teknik dia [Prabowo] guna menanggapi urusan seperti tersebut [tekanan emosi] dia berjuang untuk merilekskan diri,” kata Dewi.

Apalagi, kata Dewi, Prabowo menyatakan sempat tegang ketika menjalani debat perdana itu.

Berdasarkan pemantauan Dewi, sebab perdebatan belum memanas, Prabowo masih tampak biasa-biasa saja di segmen mula debat capres-cawapres.

Namun, kata Dewi, Prabowo mulai tampak emosional saat Jokowi bertanya soal Gerindra yang mengangkat caleg eks napi korupsi terbanyak pada Pemilu 2019.

Menanggapi urusan itu, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade menampik analisis joget Prabowo sebagai teknik untuk meredakan diri dari emosi dan tekanan.

Politikus Gerindra ini mengatakan, Prabowo melakukan urusan itu lantaran hendak menghibur masyarakat yang menyaksikan debat pilpres perdana.

“Ya enggak lah. Pak Prabowo enggak emosional sama sekali. Itu [Prabowo joget], kan, bikin menghibur penonton, menghibur masyarakat,” kata Andre.