Usulan Gaji Guru Honorer Minimal Setara UMR

Nasib miris guru honorer yang rata-rata berpendapatan rendah mendapat perhatian pemerintah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengusulkan supaya tunjangan guru honorer sama dengan upah minimum regional (UMR) setiap daerah.

Usulan ini khususnya untuk guru honorer yang tak terakomodasi oleh dua skema dari pemerintah. Skema pertama melewati seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan kedua lewat seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bakal menindaklanjuti gagasan penyesuaian tunjangan guru honorer. Hanya saja, Menkeu mengatakan masih perlu diskusi yang mesti dilaksanakan ke depannya tentang hal tersebut.

Sri Mulyani menjelaskan tidak hanya masalah gaji yang butuh dibahas, tetapi juga masalah peningkatan kualitas tenaga didik.

“Ini kan bukan masalah digaji atau tidak, tapi permasalahan apakah mereka dapat terus menjadi perangkat atau sumber daya yang dapat mendidik anak-anak didik kita,merekakan profesinya guru jadi itu harus terus ditingkatkan, kita membicarakan cukup banyak aspeknya,” kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.